3 Hamba Allah swt. Pilihan, KH Achmad Siddiq


Tiga Hamba Pilihan

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ (32(


Artinya :
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri, dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.

Alm KH. Achmad Siddiq Jember, Rois Am NU tahun 1984 – 1991) menjelskan maksud  surat Al Fathir ayat 32 tersebut, bahwa :
Aku (Allah swt) mewariskan Kitab kepada orang-orang yang memang pilihanKu (ISHTHOFAYNA), memang saya pilih dari hambaKu, Macamnya hambaku yang termasuk PILIHANKU itu ada tiga, yaitu :
1.     Ada yamg masuk dalam kategori DHOLIMUN LINAFSIHI, yang (dalam beribadah) sampai mereka itu menjadikan / membikin melarat pada dirinya;
2.     Ada yamg masuk dalam kategori MUQTASHID, yaitu mereka yang dalam beribadah sedang-sedang saja;
3.     Ada yamg masuk dalam kategori SABIQUM BIL KHOYROT, yaitu mereka yang tidak mau ktinggalan dalam melakukan kebaikan, mereka menyegerakan tidak mau menunda-nunda.
  1 2 3 itu dengan izin Allah swt.
Yang masuk kategori DHOLIMUN LINAFSIHI, seperti Sahabat Abu Dardak ra. Ini termasuk sahabat yang paling terkenal Dholimun Linafsihi, tapi tidak sampai melanggar aturan Agama. Beliau itu tidurnya dikurangi, makannya dikurangi pokok serba dikurangi tapi tidak sampai melanggar aturan Agama. Sebab DHOLIMUN LINAFSIHI ini tergolong kategori MUSHMTOFA = ISHTHOFAYNA = 3 HAMBA PILIHAN ALLSH SWT.
Ada lagi yang masuk kategori MUQTASHID, sedengan, sedang-sedang saja, biasa-biasa saja, ya tidur, ya makan, ya berkeluarga ya cari hiburan, tapi kelompok ini juga masuk kategori MUSHMTOFA.
Ada lagi yang masuk kategori SABIQUM BIL KHOYROT, merekan yang menyegerakan beribadah bila telah waktunya tiba, sampai mereka itu telah BERWUDHU sebelum waktu sholat tiba, sebelum adan sudah siap di Masjid, seperti contoh sahabat BILAL
UNTUK LEBIH JELASNYA MOHON DENGARKAN DISINI :


Penjelasan KH Achmad Siddiq tantang 3 Hamba Allah swt. Pilihan



Comments

Popular posts from this blog